Selasa, 01 Desember 2015

SARJANA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (SPKS)

SARJANA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (SPKS)


 

Perkebunan sawit di Indonesia saat ini mencapai enam juta hektar dan akan berkembang terus diperkirakan pada tahun 2015 akan mencapai sepuluh juta hektar. Perkembangan tersebut membutuhkan SDM (planters) yang sangat besar. Ini adalah kesempatan besar bagi mereka yang tertantang untuk berkarier sebagai planters di perusahaan perkebunan.

Lulusan Sekolah lanjutan atas mengikuti pendidikan tinggi karena berharap Perguruan Tinggi dapat membantu mereka untuk menyiapkan diri memperoleh pekerjaan sesuai cita-cita yang diinginkan. Apakah perguruan tinggi telah mampu mewujudkan keinginan itu ? Itulah tantangan Perguruan Tinggi saat ini.
INSTIPER Yogyakarta bekerjasama dengan perkebunan swasta nasional perkebunan kelapa sawit akan mewujudkan keinginan itu.  Mendidik Sarjana Pertanian Kompetensi Perkebunan Kelapa Sawit, Siap kerja, berkarakter sekaligus memiliki gelar akademik.
Bersama dengan PT. Astra Agro Lestari Tbk, sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit swasta nasional terbesar di Indonesia saat ini yang menguasai 180 ribu hektar dan telah merencanakan pengembangan menjadi 320 ribu hektar yang tentunya membutuhkan SDM pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang tidak sedikit.
Dengan dukungan perusahaan perkebunan swasta lainnya, PT. Sampoerna Agro yaitu perusahaan perkebunan yang sedang tumbuh dan terus berkembang pesat. Kerjasama INSTIPER dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit antara lain :
  1. PT. Astra Agro Lestari, Tbk
  2. PT. Sinar Mas (PT. SMART)
  3. PT. Tri Putra Agro Persada
  4. PT. Bima Palma
  5. PT. Swakarsa Sinar Sentosa
  6. PT. Dea Kaltim Minamas
  7. PT. Bumi Utama Gunajaya Agro
  8. PT. Surya Dumai Group
  9. PT. MAKIN Group
Serta dukungan moral dari Gabungan Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyelenggarakan program pendidikan khusus dengan angkatan pertama tahun 2005.
Sistem Pendidikan
Kurikulum pendidikan mendasar kurikulum inti program studi Budidaya Pertanian yaitu sebanyak 144 SKS, dimana sebesar 60 SKS mata kuliah inti / wajib dan 84 SKS sisanya adalah muatan lokal khusus kompetensi perkebunan kelapa sawit dan pengembangan karakter. Kurikulum muatan lokal diberikan dengan konten teori, praktikum dan praktek lapangan (magang).
Pelaksanaan Pendidikan
  1. Pendidikan teori dilakukan di Instiper sebanyak 8 (delapan) semester dan ditempuh selama 3,5 tahun.
  2. Semester I, II dan III khusus menempuh teori-teori dasar ditempuh dalam satu tahun pada tahun pertama.
  3. Semester IV sampai semester akhir (delapan) kuliah dilakukan selama 14 – 16 minggu di kampus selanjutnya mahasiswa mengikuti praktek / magang di perkebunan besar selama 4 bulan.
  4. Program dilaksanakan dalam kelas khusus dengan mahasiswa 25 – 30 peserta per kelas.
Kesempatan Kerja
  1. Mahasiswa Ikatan Dinas akan langsung bekerja pada perusahaan atau lembaga yang membiayai dengan ikatan dinas 2 – 4 tahun.
  2. Mahasiswa dengan beasiswa perusahaan diharapkan dapat bekerja di perusahaan pemberi beasiswa.
  3. Setiap lulusan akan diberikan sertifikat khusus ”Planters Perkebunan Kelapa Sawit”, di samping brevet untuk setiap jenjang kompetensi profesi, Instiper akan mengarahkan kepada perusahaan yang bekerjasama dalam program ini memberikan rekomendasi dalam rekruitmen SDM perkebunan kelapa sawit.
Fasilitas Pendidikan
Ruang perkuliahan ber-AC, Multimedia, Laboratorium Ilmu Dasar, Laboratorium Ilmu-ilmu Pertanian, Laboratorium Bahasa & Komputasi, Laboratorium Lapangan, Kebun Praktek Lapangan, Dosen Berpengalaman, Praktisi Perkebunan Kelapa Sawit dan Laboratorium GIS / SIG.
Fasilitas Pendukung
Bank dan ATM serta jaminan pemeliharaan (asuransi kesehatan), tempat ibadah (Masjid Kampus), Unit Kegiatan Mahasiswa dan Fasilitas Olahraga.
Rekruitmen Calon Mahasiswa
  1. Mahasiswa lulusan SMU atau SMT pertanian (calon yang kelas 3 SMU atau SMT dapat mendaftarkan diri dan mengikuti proses seleksi, namun keputusan akhir pada saat calon telah lulus).
  2. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.
  3. Lulusan tes TPA dan tes kesehatan.
Persyaratan Pendaftaran
  1. Fotocopy ijasah dan daftar nilai STTB (bagi yang sudah lulus SMU).
  2. Fotocopy raport semester 1 kelas tiga (bagi yang saat ini kelas tiga).
  3. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-
Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan sebesar Rp. 3 juta per semester serta sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi minimal Rp. 4 juta.
Waktu Pendaftaran dan Seleksi
Pendaftaran : April – Agustus 2008
Informasi dan Tempat Pendaftaran :
Kampus Instiper Yogyakarta
Kampus I : Jln. Nangka II Maguwoharjo (Ring Road Utara), Depok, Sleman, Yogyakarta 55283.
Telp. (0274) 885478. Fax. (0274) 885479
Kampus II : Jln. Petung No. 2 Papringan, Yogyakarta 55283.
Telp. (0274) 518693, 562076. Fax. (0274) 518693.
CP : Sdr. Jazilah (0274) 7887281
Sekretariat PP KAINSTIPER
Telp. (0274) 562076, 518693
PENGDA KAINSTIPER di Seluruh Indonesia
(Riau, Medan, Jambi, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Bengkulu, Semarang, Surabaya, NTB, NTT, Kaltim, Kalteng, Kalbar, Sulsel, dan Papua).

 

2 komentar:

  1. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini ��Pesugihan Putih Tanpa Tumbal��

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffardi 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KLIK DISINI




















    BalasHapus